Mengenal 8 Jenis Penyakit Pada Ginjal yang Harus Diwaspadai - Cela Blogger

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 29 November 2019

Mengenal 8 Jenis Penyakit Pada Ginjal yang Harus Diwaspadai


Mengenal 8 Jenis Penyakit Pada Ginjal yang Harus Diwaspadai

Ginjal adalah organ tubuh yang fungsinya tidak kalah penting dibandingkan dengan organ-organ yang lainnya, setiap orang normalnya memiliki sepasang atau 2 buah yang digunakan sebagai sarana untuk menyaring darah. Memisahkan antara senyawa-senyawa yang masih bermanfaat bagi tubuh dan juga yang sudah tidak bermanfaat sehingga nantinya dapat dibuang dalam bentuk urine. Hanya saja tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya dalam beberapa kondisi terkadang ginjal manusia juga bisa lelah dan mengalami kerusakan. Banyak sekali penyakit pada ginjal yang rentan menyerang.

Apalagi jika seandainya Anda tidak mengaplikasikan gaya hidup sehat selama ini, seperti diantaranya adalah tidak mencukupi asupan cairan dalam tubuh atau kurang minum. Terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan yang banyak mengandung senyawa berbahaya, seperti diantaranya adalah perasa, pemanis dan juga pengawet. Lama kelamaan hal ini nyatanya juga bisa menganggu fungsi ginjal, tidak akan bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut ini diantaranya beberapa penyakit atau kelainan ginjal yang hendaknya Anda ketahui dan diwaspadai, yaitu:

  1. Anuria, ini adalah sebuah kondisi dimana ginjal gagal dalam memproduksi urine secara normal, dipicu oleh kurangnya ginjal dalam melakukan filtrasi atau penyaringan darah. Kondisi semacam ini dapat terjadi jika seandainya terdapat peradangan pada bagian glomerulus. Sehingga terkadang urine yang dikeluarkan masih mengandung beberapa senyawa bermanfaat untuk tubuh.
  2. Glikosuria, ini merupakan sebuah kondisi dimana urine yang dikeluarkan masih mengandung glukosa atau gula di dalamnya. Penyakit tersebut disebabkan oleh kerusakan pada badan malpighi, dimana fungsinya adalah untuk menyaring senyawa-senyawa penting yang ada di dalam darah.
  3. Albuminuria, terdapat albumin atau protein yang seharusnya diserap oleh tubuh, namun nyatanya dibuang melalui urine. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beragam faktor. Diantaranya adalah kadar permeabilitas yang ada dalam ginjal meningkat, bisa jadi karena membran glomerulus ini meningkat karena darah, ataupun juga iritasi yang disebabkan oleh bakteri maupun logam berat yang masuk kedalam tubuh manusia melalui beberapa faktor.
  4. Hematuria, istilah yang mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, ini adalah sebuah kondisi dimana urine bercampur dengan sel-sel darah merah. Dikenal juga sebagai kencing darah. Faktor penyebabnya sendiri biasanya terjadi karena iritasi atau peradangan pada sel-sel ginjal tersebut. Hematuria ini umumnya disertai dengan beberapa gejala seperti sakit pada perut bagian bawah, sulit buang air kecil maupun frekuensi buang air kecil yang meningkat.
  5. Bilirubin, penyakit ini bisa disebabkan oleh disfungsi organ hati, sehingga bilirubin pecah dan menyebabkannya harus dibuang dari dalam tubuh, diantaranya juga lewat urine. Bahkan jika seandainya jumlahnya berlebihan bisa dikenali dari warna kulit yang berubah menguning, begitu juga dengan kuku dan kelopak mata.
  6. Glomerulonefritis, radang pada ginjal yang disebabkan oleh reaksi alergi dari racun yang diproduksi oleh bakteri Streptococus. Sehingga memungkinkan antara sel darah merah dan juga protein masih bercampur dalam urine yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kerusakan ginjal yang fatal.
  7. Cystitis, peradangan pada kandung kemih, dipicu oleh infeksi bakteri maupun luka mekanis, umumnya memang dialami oleh kaum hawa.
  8. Pielonefritis, mulanya peradangan ini hanya terjadi di bagian pelvis, kemudian menyebar hingga ke seluruh bagian ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Waspadai penyakit pada ginjal tersebut, jika sudah mulai dirasakan gejalanya segera lakukan pengobatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot